share/bookmark

PROGRAMMER YANG ENTREPRENEUR


Hai blogger, udah lama banget gak blogging nih. Soalnya sibuk UAS trus keenakan liburan di kampung halaman. Pagi ini entah kenapa bangun tidur hasrat blogging saya muncul tiba-tiba, padahal belum cuci muka apa lagi gosok gigi. Udah-udah untuk tidak memperpanjang muqadimah, saya langsung saja. Tadi saya membaca blog romisatriawahono.net nah saya terinspirasi ingin mengulas mengenai PROGRAMMER, berhubung saya juga calon programmer. Amin :) 
Programmer berasal dari suku kata program, nah selain programmer adalagi ni teman katanya yaitu programming. Program artinya adalah serangkaian instruksi yang logis, ditulis dalam bahasa pemrograman (bahasa yang dimengerti oleh komputer) untuk menghasilkan informasi (output) sesuai dengan keinginan si pemakai jasa komputer (User) dan programming adalah tahapan dalam pembuatan program. Sedangkan orang yang melakukannya disebut dengan programmer. 
Ada yang bilang menjadi seorang programmer itu sangatlah sulit, membuat pusing kepala saja. Orang yang bilang itu juga termasuk saaya. Nah setelah saya baca-baca artikel banyak juga yang bilang sebenarnya tidaklah sulit untuk belajar menjadi programmer itu. Mereka bilang memang bahasa pemrogramman sangatlah banyak, namun itu tidaklah untuk kita kuasai semua. Jika ingin menjadi programmer handal cukup menguasai satu bahasa pemrograman. Zaman sekarang telah berkembang, dulu bahasa pemrograman yang di ajarkan hanya prosedural saja, tapi sekarang sudah ada bahasa yang berorientasi objek yang diistilahkan dengan OOP(Object Oriented Programming) seperti Python dan Java (ini hanya 2 dari banyak bahasa OOP). Bukannya saya menggurui atau sok tau, saya hanya ingin membagi pada para blogger bahwa ada beberapa tips bagaimana menjadi programmer yang entrepreneur. Beberapa diantaranya adalah : 
1. Niat sudah pasti kan, tapi disini bukan sembarang niat. Karena hal yang akan kita lakukan iini jika tidak dilandasi niat beserta tekat yang kuat kita akan muddah menyerah saat kedepannya. Kita tanamkan tekat yang membara dalam diri kita bahwa kita belajar programming bukan sekedar main-main, terutama yang sedang kuliah nih. Jika niat dan tekat sudah kuat, jadi nanti saat kita tersandung masalah di tengah jalan nanti kita akan bersikap bijaksana dan berpresepsi bahwa masalah itu adalah hikmah, masalah itu adalah jalan untuk menjadi lebih baik dan masalah itu adalah awal kesuksesan kita sebagai programmer. Kita kuliah di jurusan IT dengan bayaran mahal, jangan sampai nanti setelah lulus jadi banting stir profesi menjadi pedagang kain di Tanah Abang.  
2. Buat diri kita punya rasa ingin tahu yang tinggi, terkadang para wanita sering berpresepsi nih kalau programmer yang sukses umumnya kaum pria karena mereka mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Sedangkan wanitanya ujung-ujungnya nanti jadi guru computer. 
3. Selanjutnya untuk mengawali kita menjadi seorang programmer yaitu mencoba terjun kedunia maya, seperti beraktifitas sebagai blogger. Biasanya mahasiswa IT diwajibkan mempunyai sebuah blog untuk setiap mahasiswanya. Nah dengan adanya kita akan sering juga blogging. Bagi para blogger tentu sadar ternyata blog juga memperkenalkan mereka pada kodingan. Nah kodingan kan bagian dari programmer. Nanti kita juga akan terdorong untuk mengutak-atik kode html untuk mempercantik blog dan sesuai keinginan kita.  
4. Yang keempat adalah menjadi seorang programmer yang entrepreneur(berwirausaha). Karena ada beberapa yang mengatakan bahwa alasan mereka mengambil jurusan IT dan ingin jadi programmer adalah supaya bisa berkreatifitas sendiri. Jadi saat lulus sarjana, cobalah mendirikan sebuah CV atau PT . Dan anak anda akan menuliskan di formulir identitas : Pekerjaan Orang Tua: Wiraswasta . Hehehe

INGAT BAHWA PROGRAMMER ADALAH SEORANG PEMECAH MASALAH!!


0 Responses So Far:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Okibhayo's SPONSOR